#NoPoo Method - Keramas Tanpa Shampoo

June 29, 2016

no poo method

Berawal dari baca blog Mbak Ade Putri yang di-posting beberapa bulan lalu (sila dibaca di sini) saya tertarik banget buat coba #NoPoo method, tapi karena waktu itu niat dan tekadnya belum bulat, jadinya nggak langsung eksekusi :D

1 minggu yang lalu saya mulai terganggu banget dengan rontokan rambut yang nggak tanggung-tanggung, baik itu setiap kali keramas, sisiran, maupun hari-hari sibuk nan manja di kantor dan tempat-tempat meeting/hangout. Plus di tengah kepala saya mulai terlihat botak. Dan memang sih dari orok rambut saya itu tipis banget, macam body-nya Cara Delevigne *sigh*. Makin sering nggak pede lah kalau mau pakai dress yang cakepan buat kondangan atau pas ketemu klien yang kece *lah*. Pagi hari sebelum ke kantor, saya langsung membulatkan tekad dan niat untuk eksekusi #NoPoo method ini, hasilnya? Lepek parah! 

no poo method 
(Day 1 #NoPoo Method - Pakai Air Hangat Saja)

Hari pertama saya keramas hanya pakai air hangat, sesuai dengan pengalamannya Mbak Ade Putri. Rambut saya lepek parah, berminyak, tapi pas keringin rambut pakai hair dryer, kerontokannya berkurang. Anehnya, kulit kepala nggak terasa gatal sama sekali, dan nggak ada baunya juga! Biasanya kan lumayan paranoid ya bakalan bau, tapi ini nggak ada sama sekali. Ya paling bau hair dryer sik, hahahahhaha. Ujung rambut kusut banget, makanya harus disisir dengan sisir yang giginya jarang-jarang, dan disisir dari ujung dulu, baru ke atas dan ke pangkal rambut. Pelan-pelan, jangan terlalu kencang sisirannya, jangan buru-buru, tenang aja, jodoh masih bisa nunggu! *ape*



no poo method no poo method 
no poo method
(Day 2, 3, 4 #NoPoo Method - Pakai Perasan Lemon)

Hari kedua sampai keempat mulai pakai perasan lemon untuk keramas. Setelah lemon diperas, dicampur dengan air hangat, dan disiramin di kepala pelan-pelan. 1 lemon bisa saya pakai 2 hari, untuk mandi pagi dan malam setelah pulang kerja. Kerontokannya jauh berkurang banget di hari ketiga, dan di hari keempat malah gak ada rontok sama sekali. Walau masih lepek, tapi rambut mulai terasa lembut dan bau lemon! 

no poo method
(Day 5 #NoPoo Method - Pakai Bir Bintang)

Hari kelima mulai pakai bir! Yeay! Sambil keramas, sambil mangap xD lepeknya masih ada sedikit, tapi rambut mulai kelihatan berkilau menuju puntjak gemilang cahaya~ Oke maaf, veteran penonton setia AFI soalnya. Pilihan menggunakan bir bintang sebenarnya karena dari sisi harga jauh lebih murah daripada bir yang biasa saya minum, macam Erdinger Dunkel dan Hoegaarden. Ini bukan humble brag, lebih kepada kelas menengah ngehek memberikan penegasan aja sih biasa konsumsi bir apa, dan selalu drink responsibly, karena saya #TahuBatasnya. MOHON MAAF GAES! KEBIASAAN INI MAH! Oke, hasil setelah keramas menggunakan bir bintang sungguh mantap, rambut lebih mudah diatur, bahkan tanpa sisir sekalipun. Setelah dikeringkan dengan hair dryer, cukup diatur pake jari-jemari yang gempal karena kebanyakan makan Tongseng Kambing Pak To, et voila~ JADI CANTIK DEH.

no poo method
 (Day 6 #NoPoo Method - Masih Pakai Bir Bintang)

Hari keenam! OMG! Rambut saya kelihatan sedikit lebih tebal, berkilau, terasa lembut banget, dan NGGAK ADA RONTOK SAMA SEKALI. Langsung nggak mau menyepelekan bir bintang lagi nih! Selain bisa diminum sewaktu keramas, ternyata hasilnya bisa bikin rambut seperti ini, kusutnya pun hilang ditelan bumi loh, makin gampang atur rambutnya. LAF!

no poo method no poo method
(Day 7 #NoPoo Method - Ganti Pakai Bir El Diablo)

Hari ketujuh, tepat seminggu mencoba #NoPoo method, saya ganti bir menjadi El Diablo, sisaan semalam setelah ngobrol-ngobrol seru dengan pacar dan Gery Paul Andhika Tobing. Illustrator/Designer handal ibukota, yang sudah lama berkecimpung di dunia per-stensilan dan aktivisme. Hasilnya, rambut saya balik rontok walau sedikit, lepek dan berminyak :( mungkin karena El Diablo sedikit lebih mahal dari bir bintang, makanya rambut saya kaget. Besok balik pakai bir bintang lagi deh, supaya kembali berkilau menuju puntjak~

Nah karena saya selalu posting soal #NoPoo Method ini di Twitter & Path saya, mulai deh tuh ada yang mention dan nanya-nanya. Kalau di Path beberapa teman dekat mulai cobain metode ini. Ada yang sama kayak saya, tiap hari posting progress-nya seperti apa, ada yang nggak posting tapi ikutan comment di postingan saya. Rata-rata dari mereka pengalamannya sama sih kayak Mbak Ade dan saya, lepek, berminyak, nggak ada gatal dan nggak ada bau.

no poo method no poo method

no poo method
(Followers dan teman yang sedang mencoba #NoPoo Method)

Benar yang Mbak Ade bilang di blog-nya, lebih seru kalau ada teman yang ikutan coba metode ini, jadi bisa saling menyemangati satu sama lain. Lepek bareng-bareng, kece bareng-bareng! Begitu cerita saya selama seminggu mencoba #NoPoo method, dan bakalan saya terusin sih. Belum ada rasa kangen yang gimana-gimana sama wangi shampoo, lebih kangen sama wangi dan rasa bir malah xD apa lagi kalau keramas pake birnya yang dingin banget. BEUGH! MANTAP!

Buat ciwik-ciwik di luar sana yang mengalami seperti yang pernah saya dan teman-teman saya alami (kerontokan rambut yang parah), mungkin bisa mencoba #NoPoo method ini. Hasilnya tergantung dengan treatment yang kalian pilih ya, dan bisa jadi malah berbeda dari saya dan teman-teman saya. 

Saya akan update kembali progress #NoPoo method yang saya jalani setiap seminggu sekali ya, kalau lagi khilaf ya 2 minggu sekali lah. Semoga setelah ini dapat endorsement bir bintang. Selain buat diminum, bisa buat keramas juga! HA!


Bangka Raya, 29th June 2016
"Enjoy The Silence" - Lacuna Coil


You Might Also Like

0 comments